RSS

Perayaan Nyepi Di Toili

PERAYAAN HARI RAYA NYEPI TAHUN BARU SAKA 1933
DI KEC.TOILI
KAB.BANGGAI
DESA.MEKAR KENCANA

A.Defnisi hari raya nyepi
Umat Hindu kini sudah mulai berkembang pesat,dari berbagai macam kegiatan hari raya umat hindu juga melaksanakan hari raya nyepi tahun saka 1933,Dimana hari raya nyepi di laksanakan setiap satu tahun sekali.Ditoili kini umat hindu sudah mulai berkembang walaupun umat hindu yang di toili tidak begitu banyak seperti di bali,namun umat hindu yang di toili begitu antusias dengan perayaan nyepi ini terutama di desa Mekar kencana,Menurut salah satu anggota Badan Permusyarawahan Desa, I Made sumerta mengatakan perayaan nyepi adalah hari pergantian tahun baru saka 1933,Dimana hari raya nyepi ini tidak dapat dipisahkan dengan tawur kesangga.Tawur kesangga merupakan upacara Bhuta yadya untuk menyucikan Bhuana Agung atau (alam semesta). Nyepi merupakan penyucian Bhuana alit (diri manusia) dengan mengendalikan diri dan memusatkan pikiran kehadapan Ide Sang Hyang Widhi Wase.ada empat hal yang tidak boleh di langgar yakni;
Amati lelungan,yakni tidak boleh berpergian.
Amati karya,yakni,tidak melakukan aktivitas.
Amati geni,yakni tidak boleh menyalakan api.
Amati lelaungan,yakni tidak boleh bersenang-senang.
Adapun kegiatan untuk persiapan acara pengerupukan atau pawai ogoh2,masyarakat juga berperan aktif membuat ogoh-ogoh.Muda-mudi juga ikut serta dalam pembuatanya.Di sini untuk pawai ogoh-ogohnya di laksanakan malam pukul 18.00 wib. Berbeda dengan masyarakat yang ada di toili barat pawainya di adakan pukul 15.00 wib.Walaupun berbeda tujuannya tetap sama,untuk mengusir roh jahat.
Umat hindu begitu semaraknya,dan banyak juga yang menyaksikan acara pawai tersebut bahkan umat muslim juga ikut serta meramekan perayaan nyepi ini.
Dapat kita lihat pada gambar 1.itu ogoh-ogoh dari Toili atau Desa Mekar kencana.Dan gambar 2.itu ogoh-ogoh dari toili barat atau Desa karyamakmur.
Itulah perwakilan ogoh-ogoh yang ada di toili dan toili barat.
Toili,4 maret 2011
Mungkin ini yang dapat saya kutip dari PERAYAAN HARI RAYA NYEPI TAHUN BARU SAKA 1933. Semoga nantinya umat hindu akan lebih berkembang lagi.
Jika ada saran atau kritikan kami terima,sebab kesatuan,persatuan itu lebih baik dari pada jauh menjauhkan.
SELAMAT HARI RAYA NYEPI TAHUN BARU SAKA 1933.
“OM SHANTI-SHANTI-SHANTI OM”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer